Belajar membuat game dengan visual basic untuk pemula


Kali ini saya membuat tutorial membuat game sederhana dengan Visual Basic, yaitu game menangkap ayam. Kita bisa bikin game hanya dengan pemrograman yang sangat simple dan gampang, cuma pake Timer, code pas di klik, main ubah ubah properties (terutama top dan left), dan sedikit randomization.
Bikin game itu mudah, ..... (kalimat ini belum selesai tapi gak aku terusin, haha)
silakan
GAME INI MASIH BISA DIKEMBANGKAN LHOOO...
Dan berikut ini lah tutorialnya: (warning! large page! hehe)

Tahap 1: mengenal properti top, left, dan membuat ayam bisa bergerak
Pertama, siapkan 2 gambar ayam, yang satu menghadap kiri dan yang satu lagi kanan.
masukan gambar tersebut ke form (pake Image), caranya kayak gini:
Klik [...] dan pilih file gambar ayam kamu
Masuk deh kayak gini:
Bikin lagi image kayak tadi dan masukin gambar ayam yang menghadap ke arah berlawanan:
Ganti (Name) ayam yang menghadap ke kiri dengan nama “kekiri” dan ayam yang madep kanan kasih nama “kekanan”
Ganti warna form jadi putih, caranya, klik formnya, Pilih BackColor, dan pilih warna putih
Terus bikin lagi 1 image kayak tadi tapi gak usah dimasukin gambar. Ganti namanya menjadi “Ayam”
Lalu buat label seperti berikut:
Dan di samping label tersebut masukan Textbox, buatlah jadi kayak gini:
Jangan lupa textboxnya dikasih nama kayak gambar di atas.
Isi TujuanX dan TujuanY dengan angka 0
buat juga ini: (caranya ya biasa aja kayak tadi)
Lalu masukan Timer dan isi intervalnya dengan 1.
Double Click pada Timer tersebut sehingga muncul form isian code seperti ini:
Masukan Code berikut: (copy pasteu aja)
AyamX.text = Ayam.Left
AyamY.text = Ayam.Top
If Ayam.Left < TujuanX.Text Then
Ayam.Picture = kekanan.Picture
Ayam.Left = Ayam.Left + Speed.Text
End If
If Ayam.Left > TujuanX.Text Then
Ayam.Picture = kekiri.Picture
Ayam.Left = Ayam.Left - Speed.Text
End If
If Ayam.Top < TujuanY.Text Then
Ayam.Top = Ayam.Top + Speed.Text
End If
If Ayam.Top > TujuanY.Text Then
Ayam.Top = Ayam.Top - Speed.Text
End If
Kemudian coba, klik Start atau tekan F5


Ayam
akan bergerak menuju TujuanX dan TujuanY, coba ganti angka-angka
tersebut, nanti ayamnya bakal bergerak menuju TujuanX dan TujuanY
tersebut.

Kenapa bisa begitu? Itu karena code tadi dijalankan oleh fungsi Timer yang intervalnya 1, artinya, setiap 1 milidetik, kode
itu akan dijalankan secara otomatis. Jika Ayam.top dikurang, ayam akan
bergerak ke atas, begitu pula sebaliknya. Sedangkan bila Ayam.left
dikurang, ayam akan bergerak ke kiri, dan begitu pula sebaliknya.

If Ayam.Top < TujuanY.Text Then
Ayam.Top = Ayam.Top + Speed.Text
Kode di atas artinya bila Ayam.Top kurang dari TujuanY (berarti tujuannya ada di bawah ayamnya), maka Ayam.Top akan ditambah sebesar Speed, yang mana speednya  (yang kamu tadi bikin) adalah 20, berarti ayam akan bergerak kebawah sebesar 20 setiap 1 milidetik.
Sekarang anda sudah bisa membuat objek bergerak dengan mengenal top dan left, berikutnya tinggal membuat gamenya.
**
tutup dulu hasil testing-an anda barusan, lalu kembali ke desain proyek.
Sekarang, sembunyikan objek objek yang memang seharusnya tidak nampak di game, caranya ganti properti visible nya jadi false.
Sekarang kita akan membuat code yang aktifnya disaat Ayam diklik.
Untuk itu pertama-tama kita perlu membuat dulu Label untuk Score (untuk skoring pas di-klik).
Nah, pada objek Ayam,
Masukin kode berikut pada [Ayam][Click], caranya double click pada Ayam
Score.Caption = Score.Caption + 1
Speed = Speed + 20
Ayam.Tag = Int(Rnd * 4)  'ini code untuk random angka yang hasilnya bisa 0, 1, 2, atau 3
If Ayam.Tag = 0 Then
Ayam.Top = -3000
End If
If Ayam.Tag = 1 Then
Ayam.Top = Height - Ayam.Height + 3000
End If
If Ayam.Tag = 2 Then
Ayam.Left = -3000
End If
If Ayam.Tag = 3 Then
Ayam.Left = Width - Ayam.Width + 3000
End If
Coba mainkan..
Sekarang ayamnya makin lama diklik makin cepet.
Nah
sekarang, kita akan membuat TujuanX dan TujuanY berubah secara random
saat cursor mouse kita mengenai sang Ayam. Caranya, di code Ayam, ganti
Click ke MouseMove, kayak gini:

Lalu masukan kode berikut:
TujuanY = Int(Rnd * (Height - Ayam.Height))
TujuanX = Int(Rnd * (Width - Ayam.Width))
Coba mainkan.. bener gak ayamnya kabur pas mo ditangkep? Hehe.. tapi belum beres nih, game overnya gimana?
Nah, sekarang, kita buat Timer lagi, buatlah juga label namanya Time, dan HighScore.
Isi interval Timer itu dengan 1000, 1000 milidetik = 1 detik.Lalu masukin kode di timer tersebut
Time.Caption = Time.Caption - 1
If Time.Caption < 1 Then 'game end:
MsgBox ("Permainan Berakhir, Score Anda: " & Score.Caption)
 If Int(Score.Caption) > HighScore.Caption Then
 MsgBox ("Anda masuk highscore.")
 HighScore.Caption = Score.Caption
End If
MsgBox ("klik OK untuk mulai bermain lagi.")
Time.Caption = 15
Ayam.Left = -3000
Speed.Text = 20
Score = 0
End If

Masukan juga kode di form load, caranya double click di form dan masukan kode
Ayam.Left = -3000
Time = 15
‘Jadi pas pertama main kita dikasih 15 detik dan ayamnya akan muncul dari kiri


terimakasih atas kunjungan anda,
salam blogger

Semoga artikel Belajar membuat game dengan visual basic untuk pemula bermanfaat bagi Anda. Jika kamu suka dengan artikel Belajar membuat game dengan visual basic untuk pemula ini, like dan bagikan ketemanmu.

Posting Komentar

About Me

Foto saya
Jika anda ingin mengetahui lebih jauh tentang saya !! silahkan email ke Robyafrizalm@gmail.com

EDGENSI - All Right Reserved.Powered By Blogger
Template SEO Fendly by JimsonTemplate Edit by : Tutorial Blogspot